Sabtu, 02 Februari 2019

Melihat Jelas Harga Kontrakan di Ibu Kota Jakarta

Terjun ke usaha property bukan masalah yang gampang, sebab terdapat beberapa perihal yang perlu dilihat. Bila salah taktik bukannya memperoleh keuntungan, bisa-bisa kelak Anda akan rugi. Ditambah lagi modal untuk menjalankan usaha ini dapat disebut banyak.
Salah satunya type property yang banyak jadikan investasi property ialah rumah, biasanyanya banyak investor ambil keuntungan dari investasi property lewat cara jual kembali atau jadi rumah kontrakan.
Spesial buat mereka yang menjalankan usaha kontrakan atau sewa rumah, usaha ini jadi satu bentuk usaha yang menjanjikan ditambah lagi bila tempat rumah disewakan itu strategis dekat dengan ruang perkantoran atau pusat pendidikan.
Nah, buat Anda yang ingin menjalankan usaha sewa rumah atau kontrakan, di bawah ini ialah tips-nya dari Lamudi, Minggu (3/2/2019):
Memastikan Harga Sewa Rumah
Penetapan harga sewa rumah adalah perihal yang begitu penting, jangan pernah Anda memastikan harga sewa sangat mahal bila dibanding di harga market kontrakan di seputar.
Oleh karenanya terpenting sekali dikerjakan sebelum akan memutuskan harga tempat tinggal Anda terlebih dulu mensurvei harga sewa di seputar.
Bila memang harga sewa di seputar Anda dipandang kurang cocok, sebetulnya ada langkah lainnya yang dapat dikerjakan untuk memastikan harga sewa, dengan memakai rumus sewa rumah, yaitu harga property x capitalization rate (rata-rata capitalization rate rumah 3 % - 5 % per tahun).
Perumpamaannya bila Anda beli tempat tinggal di harga Rp 500 juta, jadi rumus yang dapat dipakai ialah 5 prsen dikalikan Rp 500 juta jadi akhirnya ialah Rp 25 juta per tahun.
Keadaan tempat tinggal sangat terpenting untuk dilihat, jangan pernah Anda menyewakan rumah dengan keadaan bangunan yang tidak tertangani seperti genteng yang bocor, kamar mandi yang kotor atau lantai keramik yang pecah.
Sarana Internet
Internet sekarang ini telah jadi keperluan ditambah lagi buat mereka beberapa profesional. Tersedianya sarana internet dapat jadikan pertimbangan yang menarik, ditambah lagi bila kebetulan tempat rumah kontrakan Anda ada dekat dengan perkantoran atau kampus.
Kehadiran sarana ini tentu saja bisa menolong mereka untuk kerjakan pekerjaan kantor atau universitas.
Baca juga : harga asbes
harga genteng metal
Tidak hanya internet, menjadi pertimbangan Anda dapat juga memberikan beberapa sarana yang bisa membuat penyewa akan kerasan di rumah, perumpamaannya seperti terdapatnya AC atau TV kabel.
Kehadiran sarana elegan ini nanti akan membuat penghuni kontrakan terasa kerasan, dan dapat jadi fakta buat Anda untuk membanderol tarif sewa kontrakan tambah mahal.
Buat Surat Kesepakatan
Surat kesepakatan kontrak kadang banyak dilupakan oleh pemilik rumah kontrakan. Walau sebenarnya surat kesepakatan ini sangat terpenting untuk mengawasi privacy pada pemilik dengan orang yang menyewa.
Isi dari surat kesepakatan dapat sesuai dengan keperluan. Biasanya, beberapa poin persetujuan yang berada di surat kesepakatan itu berisi mengenai keharusan penyewa disiplin membayar sewa, keharusan penyewa untuk mengawasi kebersihan kontrakan, membayar listrik atau beberapa perlengkapan yang dipinjamkan oleh pemilik kontrakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar